Iklan


 

Elektabilitas Anies dan Ganjar Makin Tinggi, Namun Dinilai Rawan Tergerus

Pak JAYEN
Saturday, April 30, 2022 | April 30, 2022 WIB Last Updated 2022-05-04T22:13:15Z


ARDNUSANTARA.com, JAKARTA - Pemilihan Presiden yang akan di gelar di tahun 2024 masih relatif lumayan lama. Meski demikian, para tokoh yang potensial dan digadang-gadang akan maju dalam Pilpres mulai muncul dalam berbagai release survei. Setidaknya terdapat tiga nama yang memiliki elektabilitas tinggi yaitu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto unggul dalam simulasi 21 nama capres 2024 berdasarkan hasil survei nasional Indikator Publik Nasional (IPN) yang diumumkan Rabu 27 April 2027.


"Survei ini menjadi gambaran bahwa ada tiga nama potensial, dan yang paling potensial Prabowo Subianto karena memiliki elektabilitas tinggi, " ujar pengamat politik Arif Nurul Imam ketika dihubungi awak media. 


Selain itu dari data survei ini, juga memotret pada loyalitas pemilih dimana tokoh elit partai menjadi pilihan dan memiliki loyalitas yang lebih tinggi dibandingkan tokoh non parpol. 


"Ini bisa jadi sinyalemen bahwa tokoh nonparpol kurang didukung karena tiket maju juga belum ada kepastian, sementara elit partai hampir pasti mendapatkan tiket," tutur Arif. 


Menurut Arif, pendukung Anies dan Ganjar masih rawan tergerus karena merupakan jenis pemilih yang masih bisa bergeser. Ini karena keraguan terhadap tiket pencalonan dalam laga Pilpreas. 


"Karena itu, meski elektabilitas Prabowo dan elektabilitas Anies dan Ganjar terus naik, namun elektabilitas Prabowo jauh lebih mapan karena pendukungnya loyal atau dalam bahasa survei pemilih mantab, " kata Arif. 


Sebagaimana dikelatahui release IPN menyebutkan Prabowo memperoleh 26,9 persen disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 16,8 persen, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 14,3 persen secara bergantian pada posisi kedua dan ketiga.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Elektabilitas Anies dan Ganjar Makin Tinggi, Namun Dinilai Rawan Tergerus

Trending Now

Iklan

iklan