Iklan


 

Penanaman Mangrove Green Indragiri di Pantai Solop

Saturday, July 30, 2022 | July 30, 2022 WIB Last Updated 2022-07-31T05:02:13Z

ARDnusantara.com - Inhil Pengurus Organisasi Masyarakat Green Indragiri bekerjasama dengan Pemerintah Desa Pulau Cawan melaksanakan kegiatan Penanaman Mangrove, bersempena dengan peringatan Hari Mangrove Sedunia Tahun 2022, Sabtu (30/07/2022).

Penanaman mangrove yang dipusatkan di Pantai Solop Desa Pulau Cawan Kecamatan Mandah ini dihadiri oleh Bupati Indragiri Hilir (Inhil) yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir Ir. H. T. Juhardi, MP.

Dalam kesempatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala DLHK Inhil, Kadis Parporabud, Unsur Forkopimcam Mandah, Kepala Desa Pulau Cawan, BPDASHL Indagiri Rokan, National Geographic Channel (NAT GEO) Jakarta, Direktur Green Indragiri, dan Organisasi Pers serta tamu undangan lainnya.

Kepala BPDASHL Indragiri Rokan Kepala Seksi Evaluasi Sigit mengatakan, terkait dengan ekosistem mangrove yang ada di Riau semakin hari semakin deforestasinya berkurang, tutupannya berkurang sehingga memang diperlukan upaya rehabilitasi mangrove secara kolaboratif, dalam artian memang semua pihak itu harusnya sama-sama saling berkonsentrasi membantu kegiatan reputasi ini.

"BPDASHL Indragiri Rokan, menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan penanaman mangrove yang dilakukan di pantai solo dalam rangka Hari Mangrove Sedunia," ujarnya saat diwawancarai wartawan.

Lebih lanjut, dikatakan Sigit, pihaknya berterima kasih kepada Green Indragiri yang sudah mengenisiasi kegiatan utama mangrove yang secara langsung membantu kegiatan dan program BPDASHL dalam rangka untuk mengurangi tingkat deforestasi dari luasan tingkat ekosistem mangrove yang ada di provinsi Riau.

"Memang yang terbesar itu ada di Indragiri Hilir dan ini memang harus menjadi perhatian kita bersama, masyarakat, kemudian dari Pemda setempat pemerintah pusat dan juga dari pihak swasta, upaya-upaya ini harus kita galakkan memang mengingat Indragiri Hilir ini adalah yang terluas ya, baik dari sisi ekosistem mangrove-nya maupun dari potensi terkait dengan degradasi atau kolaborasi garis pantai," tukasnya.

Sementara itu, Bupati Inhil dalam sambutannya yang dibacakan Asisten H. T. Juhardi mengatakan menyambut baik aksi penanaman mangrove yang dilakukan.

"Menyadari potensi dan pentingnya kawasan mangrove bagi perekonomian masyarakat dan kebaikan lingkungan, atas nama Pemerintah Kabupaten Inhil tentunya menyambut baik aksi penanaman mangrove ini, yang dilaksanakan oleh organisasi masyarakat Green Indragiri bekerjasama dengan Pemerintah Desa Pulau Cawan," terangnya.

Dikatakan Bupati, aksi penanaman mangrove ini tentu saja sangat penting dan bermanfaat, termasuk mengurangi dampak perubahan iklim. Ia berharap, penanaman mangrove ini dilaksanakan kembali dimasa yang akan datang, tambah Bupati.

"Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses, serta bermanfaat bagi perekonomian masyarakat, dan demi keberlangsungan iklim yang sehat untuk anak cucu kita dan bagi dunia," ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Inhil mengucapkan terimakasih atas dilaksanakannya penanaman mangrove dalam rangka hari mangrove sedunia tahun 2022.

"Kami ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak pelaksana dan pihak yang mendukung aksi penanaman mangrove dalam rangka hari mangrove sedunia tahun 2022," imbuhnya 

Editor: Arsyad*

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penanaman Mangrove Green Indragiri di Pantai Solop

Trending Now

Iklan

iklan