google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Apa Saja Hal yang Dapat Menggugurkan Pahala Puasa

Author by Fitra Andriyan
Saturday, March 25, 2023 | March 25, 2023 WIB Last Updated 2023-03-25T16:52:33Z

                       Sumber: islamramah.co

ARDnusantara.com – Umat Islam di dunia saat ini sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Puasa dilakukan sejak terbit hingga tenggelamnya matahari di ufuk. 

Tujuan dari puasa tersebut, salah satunya adalah untuk mendapatkan pahala. Namun, terdapat hal-hal yang dapat menggugurkan pahala tersebut sehingga puasa yang dijalani akan menjadi sia-sia.

Lantas, apa saja hal yang dapat menggugurkan pahala puasa?

Setidaknya terdapat lima hal yang dapat menggugurkan pahala puasa, yakni: 

1. Berbohong 

Dikutip dari laman Baznas, berbohong atau berdusta merupakan salah satu hal yang tidak disenangi Allah SWT. Berbohong terdapat tiga jenis, yakni berbohong untuk mempertahankan diri di hadapan bahaya, berbohong untuk menjunjung kesopanan, dan berbohong untuk dilakukan secara sengaja dengan tujuan merugikan orang lain. Apabila seseorang berbohong secara sengaja dengan tujuan merugikan orang lain, maka dapat memberikan dosa dan menggugurkan pahala puasa.

2. Bersumpah palsu 

Bersumpah palsu dapat menggugurkan puasa. Yakni ketika seseorang dengan sengaja menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lain dengan kesaksiannya. Hal seperti itu dapat menghilangkan kebenaran dan merupakan perbuatan yang dilaknat oleh Allah SWT dan Rasul-Nya. 

3. Mengadu domba 

Dilansir dari Kemenag, adu domba juga dapat menggugurkan pahala puasa. Adu domba merupakan pekerjaan yang menghasilkan dua atau beberapa orang saling mencurigai satu sama lain yang dapat berujung kepada permusuhan.

4. Menggosip atau bergunjing 

Dalam keadaan tidak berpuasa sekalipun, menggosip atau bergunjing merupakan hal yang tercela. Menggosip adalah kegiatan membicarakan sesuatu tentang orang lain, salah satunya aib yang apabila didengar orang dimaksud akan merasa tersinggung. Selain menggugurkan pahala, menggosip juga menimbulkan dosa. 

5. Melihat dengan syahwat

Melihat berbagai hal yang mengundang syahwat dapat menggugurkan puasa.Dari melihat tersebut, seseorang akan terpancing untuk melakukan hal tak senonoh saat berpuasa sehingga dapat menggugurkan pahala puasanya.


Source: kompas.com


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Apa Saja Hal yang Dapat Menggugurkan Pahala Puasa

Trending Now

Iklan