google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Masjidil Haram Makkah Punya Sound System Terbesar dan Tercanggih di Dunia

Author by Fitra Andriyan
Wednesday, March 1, 2023 | March 01, 2023 WIB Last Updated 2023-03-01T22:49:42Z
Foto:Masjidil Haram Mekah/Sumber internet

MEKAH - ARDnusantara.com - Sebagai pusat ibadah umat Islam sedunia, Masjidil haram di Makkah memiliki sound system canggih yang dilengkapi dengan 7.500 speaker yang tersebar di alun-alun, koridor, dan jalan sekitar masjid. 

Direktur Operasi dan Pemeliharaan Kepresidenan Umum Urusan Masjidil haram dan Masjid Nabawi Mohsen bin Abdul-Mohsin al-Sulami mengatakan sistem audio di Masjidil haram merupakan salah satu sistem tata suara terbesar yang digunakan di dunia. 

Pemerintah Arab Saudi dilaporkan telah merekrut lebih dari 120 ahli audio untuk mengoperasikan dan menyempurnakan sistem audio di Masjidil haram di Makkah.

Sebagaimana diberitakan The Islamic Information pada Senin (20/2/2023), sistem audio di Masjidil haram secara eksplisit dirancang untuk mengumandangkan adzan, sehingga salat dapat terdengar jelas di dalam masjid, halaman, bahkan jalan sekitar.

Para ahli tersebut berasal dari berbagai negara dan latar belakang, masing-masing membawa keahliannya untuk memastikan sistem audio yang digunakan di lingkungan masjid bekerja secara optimal dengan mempertimbangkan fitur akustik dan arsitektur ruangan.

Tim ahli ini memastikan mikrofon, pengeras suara, dan sistem transmisi berfungsi dengan benar untuk menyiarkan suara fidelitas tinggi. Dua ruang kontrol digunakan untuk mengoordinasikan sistem audio, terdiri dari satu ruang utama dan satu pusat tambahan yang terletak di area al Masaa’a.

Sistem suara cadangan juga dapat berfungsi jika yang utama gagal. Ini bertujuan memastikan jamaah dapat menyelesaikan salat mereka tanpa gangguan.

Menurut Saudi Press Agency, Pemerintah Saudi memperluas Masjidil haram, yang dilakukan di sisi utara masjid. Detail arsitektur yang dikombinasikan dengan warisan Islam lama digunakan untuk menghiasi dinding masjid, kubah, dan artefak serta memperhitungkan aliran udara dan cahaya alami.

Masjidil haram adalah masjid terbesar di dunia. Proyek perluasan yang masih berlangsung bertujuan meningkatkan luasnya menjadi 519.149 meter persegi.


Source:Sindonews.com


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Masjidil Haram Makkah Punya Sound System Terbesar dan Tercanggih di Dunia

Trending Now

Iklan