google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Muezza, Nama Kucing Nabi Muhammad SAW yang Dipelihara saat Perang Uhud

Author by Fitra Andriyan
Friday, March 3, 2023 | March 03, 2023 WIB Last Updated 2023-03-03T12:29:16Z

            Foto hanya ilustrasi/sumber internet


Tembilahan - ARDnusantara.com - Semasa hidup, Rasulullah SAW memiliki beberapa hewan peliharaan, salah satunya kucing. Nama kucing Nabi Muhammad SAW adalah Muezza, beliau memeliharanya selama terjadinya Perang Uhud.

Mengutip buku Ta'lim Muta'alim: Kumpulan Cerita Inspiratif untuk Para Pelajar Agar Sukses dalam Meraih Ilmu oleh Golden Youth Publishing, Muezza menjadi hewan peliharaan Nabi Muhammad SAW yang selalu beliau elus-elus dan gendong.

Hal yang Nabi sukai dari Muezza adalah ketika ia mengeong saat azan karena seolah-olah menjawab panggilan azan.

Kisah Nabi Muhammad SAW dan Muezza

Mengutip dari buku Bahan Ajar BIPA Tingkat 6 oleh Krishandini dkk, bahwa suatu hari Nabi Muhammad SAW hendak mengambil jubahnya. Saat itu juga, terdapat Muezza yang sedang tidur di atas jubah beliau. Agar tidak membuat kucingnya terbangun, Nabi Muhammad SAW sampai memotong belahan lengan pada jubah tersebut.

Setelah Nabi Muhammad SAW pulang kembali, Muezza menyambutnya dan merunduk sujud kepada sang majikan. Nabi Muhammad SAW pun membalas tingkah Muezza dengan mengelus badannya sebanyak satu kali.

Dalam kisah lainnya, kucing Nabi Muhammad SAW ini kerap digendong Rasulullah SAW saat ada tamu. Dikatakan, setiap Nabi Muhammad SAW kedatangan tamu di rumahnya, beliau selalu menggendong Mueeza lalu menaruh kucingnya tersebut di bagian paha.

Orang-Orang Terdekat Nabi pun Menyukai Kucing

Tidak hanya Nabi Muhammad SAW saja yang menyayangi kucingnya, Muezza. Akan tetapi, istri Nabi yakni Aisyah RA pun merupakan penyuka kucing. Aisyah kerap merasa sedih dan kehilangan jika kucingnya pergi.

Begitu juga dengan Abu Hurairah RA, sahabat dekat Nabi merupakan pecinta kucing sampai ia dijuluki sebagai "bapak kucing". Ia sangat gemar memelihara dan menyayangi banyak kucing.

Selain itu, sahabat Nabi yang merupakan ahli hadits yakni Abdurrahman bin Sakhr Azdi merupakan pecinta kucing. Saking senangnya terhadap kucing dan kegemarannya dalam merawat kucing, ia juga diberi gelar sebagai "bapak para kucing jantan".

Pesan Nabi Muhammad SAW untuk Menyayangi Kucing

Nabi Muhammad SAW berpesan kepada umatnya yang memelihara kucing untuk senantiasa menyayangi mereka. Mulai dari memberi makan, minum, hingga merawatnya dengan baik.

Hukuman bagi seseorang yang memelihara kucing tetapi tidak merawatnya adalah siksa neraka. Hal tersebut berdasarkan pada riwayat Ibnu Umar bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Seorang wanita dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai." (HR Bukhari)



Source:detik.com


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Muezza, Nama Kucing Nabi Muhammad SAW yang Dipelihara saat Perang Uhud

Trending Now

Iklan