google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Dinkes Inhil Bersama Puskesmas Tempuling Gelar Penyuluhan Serta Pemeriksaan Bagi Kesehatan Ibu Hamil Jelang Usia 9 Bulan

Redaksi
Saturday, April 15, 2023 | April 15, 2023 WIB Last Updated 2023-05-05T16:27:40Z


ARD NUSANTARA.COM, ADV - Guna mempersiapkan sang ibu saat menghadapi proses persalinan agar berjalan lancar, tidak stres dan panik, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan tempuling Kabupaten indragiri hilir menggelar penyuluhan serta pemeriksaan bagi kesehatan ibu hamil menjelang usia 9 bulan. Sabtu (15/4/23).

Penyuluhan tersebut dilakukan secara tatap muka oleh petugas kesehatan dari Puskesmas sungai Salak.

Mengenai kegiatan tersebut, Sekretaris Dinkes inhil, Wanhar, menyampaikan, Tujuan kegiatan yang dilakukan mareka itu untuk meningkatkan pengetahuan, mengubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh, dan keluhan selama kehamilan, termasuk perawatan kehamilan, perawatan nifas, Keluarga Berencana (KB) pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos atau kepercayaan, adat istiadat dan penyakit menular.

“Pemberian materi penyuluhan dan pengecekan dilakukan dengan metode diskusi dan tanya jawab. Hal ini bertujuan agar setiap ibu hamil dapat bertanya dan mengungkapkan pendapat mengenai pengalaman kehamilannya masing-masing,” kata Wanhar Sekretaris Dinkes inhil.

Ia menambahkan, dalam pemeriksaan itu tidak hanya menyediakan pelayanan pemeriksaan kesehatan fisik, melainkan juga pelayanan konseling kesehatan psikis dari pasa psikolog puskesmas.

"Perlu bimbingan konseling psikologis bagi yang stres atau tertekan. Jadi mereka bisa datang ke puskesmas jika ada yang perlu diceritakan atau dicarikan solusi,” katanya.

Terkhir, Para ibu hamil juga menjadikan momen ini sebagai sarana untuk konsultasi kehamilan. Adapun kegiatan posyandu yang dilakukan di antaranya, pemeriksaan kesehatan ibu dan anak, pemberian pil tambah darah (bagi ibu hamil), pemberian vitamin A, Pemberian Makanan Tambahan (PMT), latihan, dan penimbangan balita.

“Adapun manfaat bagi ibu hamil dan keluarganya yaitu merupakan sarana untuk mendapatkan teman, bertanya, mampu mempraktikkan, serta membantu ibu dalam menghadapi kehamilan dengan aman dan nyaman,” imbuhnya Wanhar Sekretaris Dinkes inhil.(Adv)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinkes Inhil Bersama Puskesmas Tempuling Gelar Penyuluhan Serta Pemeriksaan Bagi Kesehatan Ibu Hamil Jelang Usia 9 Bulan

Trending Now

Iklan