google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Dinkes Inhil Gelar Rapat Pembahasan Rencana Kerja Kabupaten/Kota Sehat

Author by Fitra Andriyan
Tuesday, April 4, 2023 | April 04, 2023 WIB Last Updated 2023-07-02T18:45:54Z
                   dok.dinas kesehatan inhil

ARDnusantara.com, Tembilahan - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas Kesehatan Inhil menggelar Rapat Pembahasan Rencana Kerja Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tahun 2023 yang berlangsung di Aula Bappeda Kabupaten Inhil, Selasa (04/04/2023).

Acara rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua Sekretariat Tim Pembina KKS Inhil, Wanhar, S.Sos, M.Si, dan dihadiri oleh Ketua Forum Kabupaten Sehat (Ibu Zulaikha Wardan) dan Seluruh Anggota Forum Kabupaten Sehat Inhil.

Rapat ini  membahas tentang evaluasi penyelanggaraan KKS tahun 2022 dan rencana kerja Tim Pembina KKS dan Forum Kabupaten Sehat tahun 2023.

Ketua Sekretariat Tim Pembina KKS Inhil, Wanhar, S.Sos, M.Si, yang juga merupakan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil menjelaskan bahwa Kabupaten/Kota Sehat merupakan merupakan suatu kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Wanhar juga menambahkan,   tatanan yang dimaksud ada 9 Tatanan yaitu kehidupan masyarakat sehat mandiri, pemukiman dan rumah ibadah, pasar rakyat sehat, satuan pendidikan, pariwisata, transportasi dan tertib lalu lintas jalan, perkantoran dan perindustrian, perlindungan sosial dan pencegahan dan penangan bencana.

Wanhar juga menyebut penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat diperlukan suatu kelembagaan yang terdiri dari Tim Pembina Kabupaten/Kota,  Forum Kabupaten/Kota Sehat, Forum komunikasi KKS di Kecamatan dan Pokja desa/kelurahan atau dengan memfungsikan organisasi yang ada dengan nama lain yang disepakati, setiap 3 tahun sekali dilakukan penyegaran pengurus.

"Untuk itu, mari kita sama-sama berkolaborasi, berkerjasama untuk menjadikan Kabupaten Indragiri Hilir sebagai Kabupaten/Kota Sehat," ucap Wanhar.

"Untuk kedepannya kita harus menjalankan dan mengimplementasikan rencana yang sudah ditata, agar terlaksananya program kesehatan dan sektor terkait, terbentuknya forum  masyarakat, terselenggaranya upaya peningkatan lingkungan fisik, sosial dan budaya serta terwujudnya kondisi yang kondusif bagi masyarakat untuk meningkatkan produktifitas dan ekonomi wilayahnya dan  masyarakatnya sehingga mampu meningkatkan kehidupan dan penghidupan masyarakat menjadi lebih baik", lanjut Wanhar.

Wanhar juga berharap kepada instansi terkait, yang terlibat didalam program KKS ini harus melakukan kontribusinya masing-masing, sehingga apa yang menjadi tujuan dari program KKS ini benar-benar dapat memberikan support dan manfaat bagi masyarakat.

Adapun hasil dari rapat tersebut :

1. Tim pembina bersama forum akan melakukan sosialisasi pelaksanaan KKS di Kecamatan, sehingga terbentuknya forum komunikasi KKS di Kecamatan dan Pokja KKS di Desa/Kelurahan

2. Tim pembina akan melakukan koordinasi dan evaluasi setiap triwulan terhadap hasil capaian indikator 9 Tatanan KKS

3. Tim pembina bersama forum akan melakukan koordinasi untuk meningkatkan capaian Desa/Kelurahan ODF (prasyarat KKS).***


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinkes Inhil Gelar Rapat Pembahasan Rencana Kerja Kabupaten/Kota Sehat

Trending Now

Iklan