google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Kembali, Kementerian Kesehatan Taiwan Menemukan Produk Mie Instan Asal Indonesia Yang Mengandung Zat Berbahaya

Redaksi
Tuesday, April 25, 2023 | April 25, 2023 WIB Last Updated 2023-04-25T14:58:22Z

 

ARD NUSANTARA.COM - Setelah sebelumnya, Selasa (6/7/22) lalu BPOM Taiwan (FDA) menemukan Mie Sedap Cup mengandung residu pestisida melebihi kadar aman, kini Senin (24/4/23) lalu, mereka menemukan mie instan asal Indonesia lainnya yakni Indomie: Rasa Ayam Spesial mengandung zat karsinogenik yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker.

Dilansir dari Focus Taiwan, selain Indomie Rasa Ayam Spesial ada juga produk asal Malaysia yakni Mie Kari Putih Ah Lai yang ikut ditemukan mengandung etilen oksida.

Dari pengujian dari departemen terkait bahwa etilen oksida hanya terdapat di dalam paket bumbu dari Indomie Rasa Ayam Spesial sendangkan di produk asal Malaysia, pada mie dan paket rasa terdeteksi senyawa tersebut.

Pihak Kementerian Kesehatan Taiwan juga telah memerintahkan para penjual di negara mereka untuk menarik kedua produk tersebut dari pasaran.

Menurut informasi di situs web Biro Zat Beracun dan Kimia di bawah Administrasi Perlindungan Lingkungan Tingkat Kabinet Taiwan, etilen oksida jika dikonsumsi atau dihirup akan menyebabkan limfoma dan leukemia pada manusia.

Etilen oksida juga dapat menyebabkan iritasi serius pada kulit dan mata siapa saja yang bersentuhan dengan zat tersebut dan bahkan memicu cacat lahir dan keturunan.

Kepala Divisi Obat dan Makanan Departemen Kesehatan Taipei, Chen Yi-ting menyebyt bahwa pemeriksaan mie instan kota dilakukan dengan memilih secara acak 30 produk dari supermarket, toko serba ada, hypermarket, pasar basah tradisional, toko makanan Asia Tenggara dan importir grosir di wilayah tersebut.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kembali, Kementerian Kesehatan Taiwan Menemukan Produk Mie Instan Asal Indonesia Yang Mengandung Zat Berbahaya

Trending Now

Iklan