google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Pustu Desa Sungai Buluh Rusak Parah, Ketua IWO Apresiasi Respon Positif Dewan Inhil

Author by Fitra Andriyan
Monday, April 3, 2023 | April 03, 2023 WIB Last Updated 2023-04-03T15:40:59Z
foto postu desa sungai buluh rusak berat/dok.iwo inhil

ARDnusantara.com, Inhil – Kondisi Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Sungai Buluh, Kecamatan Kuala Indragiri, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau sudah sangat memprihatinkan.

Pustu yang terletak di pelosok Desa Sungai Buluh kecamatan Kuindra itu sudah tidak layak digunakan sebagai fasilitas kesehatan bagi masyarakat karena kondisinya mengalami kerusakan yang cukup parah akibat tidak pernah dilakukan perbaikan.

Lantai bangunan pustu yang terbuat dari kayu juga sudah tampak lapuk, begitupun atap bangunan sebagian besar sudah bocor jika turun hujan.

Kondisi ini tentu saja membuat layanan kesehatan kepada masyarakat jadi terganggu serta tidak maksimal, apalagi pustu ini menjadi andalan masyarakat di wilayah tersebut.

Berawal dari kegelisahan masyarakat terhadap kondisi ini, Pengurus Daerah (PD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Inhil turun langsung kelapangan untuk melihat kondisi bangunan.

Ketua PD IWO Inhil Muridi Susandi mengaku mendapat laporan dari masyarakat mengenai kondisi Pustu yang sudah sangat memprihatinkan.

“Kami sudah melihat kondisinya dan langsung mengupayakan koordinasi bersama anggota dewan daerah pemilihan atau dapil wilayah tersebut,” ujar Sandi sapaan akrabnya, Senin (3/4/2023).

Gayung bersambut, kondisi ini langsung mendapat respon atau perhatian dari anggota DPRD Inhil, Aswan ST.

Politisi muda partai Demokrat itu akan segera menganggarkan melalui dana aspirasi nya untuk rehab prasarana kesehatan tersebut.

Aswan menegaskan akan mengalokasikan anggaran untuk tahun 2024 guna perbaikan Pustu tersebut, dirinya menilai penting dilakukan untuk mendukung upaya pemerintah meningkatkan kualitas kesehatan bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Inhil.

“Fasilitas pendukung kesehatan memang seharusnya diperbaiki dan menjadi layak bagi masyarakat yang hendak mendapatkan pelayanan kesehatan,” tegasnya.

Aswan menambahkan, Pustu sebagai tempat yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat keberadaannya harus layak khususnya dari segi bangunan.

“Ini harus betul-betul diperhatikan, supaya masyarakat yang hendak datang berobat serta para petugas medis yang bertugas bisa sama-sama nyaman,” pungkasnya.

Sandi pun menyampaikan dukungan dan apresiasinya terhadap respon positif anggota dewan sebagai bukti komitmen untuk meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan demi memberikan pelayanan yang maksimal kepada Masyarakat.

Oleh karena itu, Sandi berharap nantinya pembangunan tersebut akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal dan mudah dijangkau.

Ditambahkannya, sarana kesehatan seperti ini harus di dukung dan diperhatikan oleh pemerintah dan Anggota DPRD, sehingga pelayanan bisa berjalan optimal sebagaimana harapan dalam mewujudkan pelayanan kesehatan.

“Renovasi sarana kesehatan ini diharapkan dapat dikelola secara baik, untuk meningkatkan pelayanan dalam bidang kesehatan. Pembangunan harus berpihak kepada masyarakat dengan membangun fasilitas kesehatan yang berkualitas,” pungkasnya.(IWO-Inhil)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pustu Desa Sungai Buluh Rusak Parah, Ketua IWO Apresiasi Respon Positif Dewan Inhil

Trending Now

Iklan