google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Dinkes Inhil Melalui Upt Puskesmas Pulau Burung Adakan Tes IVA dan Sadanis Secara Gratis

Redaksi
Saturday, May 27, 2023 | May 27, 2023 WIB Last Updated 2023-06-18T08:55:24Z


ARD NUSANTARA.COM, ADV - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melaui Upt Puskesmas Pulau Burung berupaya mengadakan tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dan Sadanis (Periksa Payudara Klinis) secara gratis yang diadakan pada Balai Upt Puskesmas Pulau Burung, Sabtu (27/5/23).

Hal itu disampaikan Kepala dinkes Inhil, Rahmi Indrasuri melalui Leni Rosita Koordinator Sub kesehatan dan lingkungan, menyampaikan, Tes IVA dan Sadanis Sebagai Upaya Deteksi Dini Wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks dan Payudara  bahwa kegiatan ini digelar mengingat Kanker serviks dan payudara menjadi penyakit utama penyebab kematian di lingkungan ibu-ibu. Jadi tidak dalam rangka menakut-nakuti, tetapi justru menumbuhkan kesadaran kita bahwa diri kita berharga.

"Jangan sia-siakan kesempatan ini Ibu, karena ini satu bentuk penghargaan dan penghormatan bagi diri kita sendiri. Dengan memperhatikan kesehatan kita, Insya Allah kita pun juga akan mendapatkan rahmat sehat juga dari Allah," ujar melalui Leni Rosita Koordinator Sub kesehatan dan lingkungan.

Lanjut, bahwa kanker serviks dan payudara sangat berbahaya dan harus diwaspadai sejak dini. Meski demikian, kanker serviks dan payudara dapat dicegah dengan perilaku hidup sehat. Deteksi dini kanker serviks dan payudara bisa dilakukan dengan Tes IVA dan Sadanis.

"Tes IVA dan Sadanis adalah pemeriksaan pada serviks dan payudara oleh tenaga kesehatan yang terlatih. Tes IVA dan Sadanis bertujuan untuk menemukan benjolan dan tanda-tanda lain pada serviks dan payudara sedini mungkin agar dapat dilakukan tindakan secepatnya," lanjut Leni Rosita Koordinator Sub kesehatan dan lingkungan.

Terkahir, kegiatan ini dibantu oleh bidan dari Puskesmas dan dokter yang sesuai dengan bidangnya dengan demikian bagi wanita marilah cek kesehatan.

"Nanti dari dokter atau bidan akan memberi rujukan kalau memang pasien itu positif mengidap atau bergejala kanker untuk pengobatan selanjutnya," tutupnya Leni Rosita Koordinator Sub kesehatan dan lingkungan.(ADV)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinkes Inhil Melalui Upt Puskesmas Pulau Burung Adakan Tes IVA dan Sadanis Secara Gratis

Trending Now

Iklan