google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Pentingnya Antropometri Pada Anak dalam Pencegahan Stunting

Redaksi
Saturday, May 20, 2023 | May 20, 2023 WIB Last Updated 2023-06-18T09:57:31Z


ARDNUSANTARA.COM, ADV - Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri hilir (Inhil) terus pinta optimalkan posyandu berupa pemberdayaan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan oleh masyarakat untuk masyarakat.

Kepala Dinkes inhil Rahmi Indrasuri, S.KM, M Kl, melalui Sub Koordinator Kesehatan Keluarga (Kesga) dan Gizi  Rini Indriani, menyampaikan, bahwa Posyandu merupakan kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat berupa pemberdayaan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan oleh masyarakat untuk masyarakat.

“Peranan Posyandu saat ini sangat penting sekali terutama dalam pencegahan dan penanggulangan stunting, kegiatan di Posyandu pada dasarnya dilaksanakan oleh kader,” Tutur Sub Koordinator Kesehatan Keluarga (Kesga) dan Gizi  Rini Indriani. Sabtu (20/5/23).

Lanjutnya, secara teknis tugas kader yang terkait dengan pembangunan kesehatan masyarakat antara lain pendataan balita dan melakukan pengukuran antropometri yang salah satunya adalah melakukan penimbangan dan dicatat dalam Kartu Menuju Sehat (KMS).

“Kemudian melakukan konseling gizi, menyediakan PMT serta melakukan pencatatan dan pelaporan yang selanjutnya akan diberikan pada petugas kesehatan di Puskesmas,” jelasnya.

Ia berharap, kader Posyandu dapat lebih terampil dalam melakukan pengukuran antropometri dan interpretasi status gizi dan menambah wawasan dalam melaksanakan tugasnya sebagai kader posyandu.

"Antropometri merupakan ukuran dari tubuh, dengan melakukan pengukuran antropometri akan didapatkan data referensi untuk menghitung dan mencatat pertumbuhan anak," Harapnya Sub Koordinator Kesehatan Keluarga (Kesga) dan Gizi  Rini Indriani.(Adv)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnya Antropometri Pada Anak dalam Pencegahan Stunting

Trending Now

Iklan