google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Diskes Pekan Baru Ancam Putuskan Kontrak jika Kedapatan Rumah Sakit Alihkan Pasien UHC ke Umum

Author by Fitra Andriyan
Tuesday, April 23, 2024 | April 23, 2024 WIB Last Updated 2024-04-23T13:27:28Z

 

Arnaldo Eka Putra(Plt.Kadiskes Kota Pekan Baru.

ARDnusantra.com, PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru akan melakukan evaluasi terhadap rumah sakit yang bekerjasama dalam pelaksanaan program Universal Health Coverage (UHC). Pasalnya, masih banyak rumah sakit yang mengalihkan pasien yang belum aktif UHC, ke pasien umum.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Arnaldo Eka Putra mengatakan, masih ada laporan rumah sakit yang tidak mau melayani masyarakat dengan program UHC.

"Saat ini masih banyak kita temukan rumah sakit yang mengarahkan pasien ke umum. Padahal kita sudah tegaskan ketika pasien KTP Pekanbaru kalau UHC nya belum aktif, itu ada waktu 3 kali 24 jam untuk mengaktifkan," ujar Arnaldo, Selasa (23/4/2024).

Dijelaskannya, masa pengaktifan UHC itu 3 kali dalam 24 jam. Mulai dari jam 8 pagi hingga jam 8 malam.

"Jadi kalau ada pasien masuk, tapi UHC belum aktif, tolong layani dulu. Itu sudah pasti aktif, penanggungjawabnya dinas kesehatan Kota Pekanbaru. Kita yang akan mengaktifkan," sebutnya.

Dirinya menegaskan, akan mengevaluasi rumah sakit yang bersangkutan jika masih bermain-main dan masih mengarahkan pasien ke umum. Bahkan, dirinya tidak segan-segan memutus kerjasama dalam UHC dengan rumat tersebut.

"Jadi tidak ada persoalan, ketika nanti rumah sakit bermain-main, kita akan evaluasi, bila perlu kita putus kerjasamanya. Berarti dia tidak serius dengan program walikota," tegasnya.

Ia tidak ingin masyarakat datang ke rumah sakit, akan tetapi tidak mendapatkan layanan UHC di sana. Padahal, UHC tersebut ada untuk masyarakat Pekanbaru, dengan syarat menunjukkan KTP Pekanbaru.

"Jangan sampai masyarakat datang ke rumah sakit, eh ternyata nggak ada program itu. Padahal program ini ada dan program yang sangat membantu masyarakat dalam kondisi sakit. Ini adalah program luar biasa yang diberikan pemko Pekanbaru," pungkasnya.***


Sumber : www.cakaplah.com

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Diskes Pekan Baru Ancam Putuskan Kontrak jika Kedapatan Rumah Sakit Alihkan Pasien UHC ke Umum

Trending Now

Iklan