Iklan


 

Dalam Rangka Ketahanan Pangan Dandim 0314/Inhil Melakukan Panen Raya Padi di Kelurahan Kempas

Saturday, July 16, 2022 | July 16, 2022 WIB Last Updated 2022-07-16T10:07:49Z

ARDnusantara.com – Inhil : Dalam rangka  ketahanan pangan lahan 1000 Ha Korem 031/WB Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M Nahruddin Roshid, S.E,M.Tr(Han), melakukan panen raya padi bersama bertempat di Kelurahan kempas Jaya Blok E kecamatan kempas, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Jum'at (15/7/2022) pagi.

Kegiatan panen raya dalam rangka ketahanan pangan di kelurahan Kempas Jaya Blok E, Dandim 0314/Inhil didampingi Pasiter Lettu lnf Rejekinta Ginting,Danramil 03/TPL Kpt Inf. Riswanto,Kapolsek Tempuling diwakili Bripka D. Wahyudi,Lurah Kempas Jaya Sdr. Rokhimin,PPL Dinas Pertanian Sdr. Suristo,Ketua Poktan Ingin Makmur Sdr. Paidi,Babinsa serta Masyarakat Kelompok Tani Ingin Makmur Kempas Jaya melakukan panen padi bersama petani petani yang tangguh.

Pada musim panen kali ini Babinsa dan PPL serta petani melaksanakan 1 Hektare areal persawahan untuk panen bersama. Beberapa Kelompok Tani di Desa kelurahan kempas jaya Blok e kecamatan kempas  yang berlokasi di koramil 03/Tempuling merupakan binaan Bintara Desa TNI AD dari Kodim 0314/Inhil dalam rangka peningkatan swasembada pangan sejak awal musim tanam hingga musim panen ini.

Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin  Roshid,S.E,M.Tr(Han)

saat dilokasi menyampaikan, ditengah Pandemi Covid-19 ini tidak boleh terlena dengan kondisi saat ini, Tetap waspada dan berhati-hati dalam menjaga kesehatan badan, namun tetap menjalan aktifitas tentunya dengan melaksanakan imbauan Pemerintah menjalankan protokol kesehatan

"Kegiatan Panen Raya ini merupakan wujud nyata untuk memberikan keyakinan bagi masyarakat di kecamatan Kempas bahwa kita siap memenuhi kebutuhan Pangan walau dihadapkan dengan Wabah Covid-19 dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dalam beraktivitas," ungkap Dandim Letkol Arh M Nahruddin.

Dalam kesempatan ini Dandim 0314/Inhil  juga menegaskan, Ketahanan pangan merupakan program kerja Kodim 0314/Inhil untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan sebagai pilar perekonomian bangsa dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di wilayah.

"Dengan tujuan membantu program pemerintah untuk meningkatkan pencapaian hak atas pangan, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan lokal, meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat serta meningkatkan perekonomian agar ketersediaan logistik di wilayah sesuai dengan kearifan lokal," jelas Dandim.

Apresiasi yang sangat tinggi Dandim 0314/Inhil kepada para kelompok tani Ingin Makmur yang dengan penuh semangat sudah menggarap lahan pertanian sehingga berhasil sampai waktu panen. Diharapkan kepada petani agar lebih bersemangat lagi dalam bercocok tanam agar ketahanan pangan dapat terjaga dan petani lebih makmur dan sejahtera.

Terakhir Dandim juga menyebutkan, panen raya ini merupakan wujud nyata sinergitas TNI(Kodim.0314/Inhil) bersama Pemerintah kecamatan Kempas melalui kelompok kelompaok Tani binaan babinsa sehingga pertanian bisa bangkit dan memampaatkan lahan.

"Lahan yang kosong dan tidak digarap untuk Pertanian dan keikutsertaan  Babainsa ini merupakan upaya TNI AD  dalam membantu masyarakat peningkatan perekonomian untuk kesejahtraan masyarakat kab.Inhil," tegas Dandim 

Sementara PPL Dinas Pertanian kempas  Suristo mengungkapkan trimakasih kepada bapak Dandim beserta rombongan dapat melaksanakan panen bersama di lokasi lahan pertanian.

"Kegiatan panen raya sejak 2013 sampai sekarang kelompok tani yang ada di kempas sudah melaksanakan 2 Kali panen dalam setahun dan untuk hasil panen sampai 7-8 Ton per hektar dan kami berharap kedepannya kepada petani lebih bersemangat karna pangan ini sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup dan untuk hasil panen di kempas Jaya sudah cukup berlebih dalam sekali Panen," tutupnya.

Setelah melaksanakan Panen bersama Dandim.0314/Inhil meninjau langsung penggilingan padi yang ada di kelurahan kempas Jaya.

Editor:Arsyad

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dalam Rangka Ketahanan Pangan Dandim 0314/Inhil Melakukan Panen Raya Padi di Kelurahan Kempas

Trending Now

Iklan

iklan