Iklan


 

Kapolda Ajak Keluarga Besar IKSS Dukung Program Riau Unggul

Sunday, September 4, 2022 | September 04, 2022 WIB Last Updated 2022-09-05T02:44:54Z

PEKANBARU - Keluarga Besar Ikatan Keluarga Sumatera Bagian Selatan (IKSS) Provinsi Riau menggelar silaturahmi akbar, Ahad (4/9). Bertempat di Grand Ballroom Hotel Pangeran, Pekanbaru, selain silaturahmi ada juga pelantikan pengurus Dewan Pengurus Provinsi (DPP) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Persaudaraan Pemuda Sriwijaya Riau (PSR) masa bakti 2022-2026.

Hadir dalam kesempatan itu, Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal yang juga merupakan Tokoh Masyarakat Sumatera Selatan, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Wakil Bupati Inhil Syamsudin Utti serta beberapa perwakilan gubernur masing-masing daerah yang masuk dalam wilayah Sumatera Bagian Selatan. 

Diantaranya Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Selatan (Sumsel) Supriono mewakili Gubernur Sumsel Herman Deru, Gubernur Jambi Diwakili Staf Ahli Husairi, Danrem 031/WB diwakili Kasi Ops Korem Letkol Inf Cecep Kurniamwan, hingga Danlanud yang diwakili lKadispotdirga Kolonel Tek Siboro. 

Sejumlah gubernur dari provinsi yang masuk kedalam wilayah Sumatera Bagian Selatan memberikan sambutannya secara virtual. Diantaranya Gubernur Sumsel Herman Deru, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi secara virtual dari layar besar yang ada pada panggung acara. 

Gubernur Riau Syamsuar dalam sambutannya mengatajan, IKSS sendiri menjadi bagian yang sangat penting bagi Provinsi Riau untuk menyambung komunikasi bagi masyarakat di Sumatera Bagian Selatan yang ada di Bumi Lancang Kuning. Selain itu, Syamsuar juga turut mengucapkan selamat kepada Pengurus Pemuda Sriwijaya Riau (PSR).

“Kami atas nama kepala daerah tentunya pada saat ini mengucapkan selamat. Kami menyadari bahwa kami tidak bisa bekerja sendiri tanpa didukung oleh seluruh komponen masyarakat Riau. Yang terdiri dari banyak suku dan agama. Mulai dari Provinsi Aceh sampai dengan Papua, termasuk dengan adanya IKSS dan PSR yang ada di Provinsi Riau,” ucap Gubri.

Ia mengaku sangat bersyukur, hubungan erat antar suku di Provinsi Riau menciptakan suasana aman dan kondusif. Hal ini jugalah menjadi salah satu faktor pendorong keberhasilan pembangunan kemajuan Riau. Melalui kesempatan itu, Gubri  sangat mengharapkan agar IKSS dan PSR dapat menjaga negeri ini. Karena pada saat ini negara masih dalam krisis ekonomi, baik yang berkaitan dengan krisis energi dan krisis pangan yang menyebabkan inflasi pada semua daerah di indonesia.

“Minggu lalu hari Kamis, kami mengikuti rapat bersama tim pengendali inflasi pusat yang dipimpin oleh Bapak Menko Perekonomian bersama dengan Menteri Keuangan dan juga Gubernur Bank Indonesia. Gubernur yang hadir sebagian besar gubernur dari Sumatera. Karena memang Sumatera yang tertinggi inflasinya,” sambung Syamsuar. 

Maka dari itu, Gubri sangat berharap agar IKSS dan PSR dapat membantu Pemerintah Provinsi Riau dalam rangka mengendalikan inflansi. Sekaligus bersama- bersama sesuai dengan kompetensi masing-masing agar menjaga ekonomi tetap baik. Sehingga apa yang direncanakan presiden hingga tahun 2024 mendatang, berjalan dengan lancar sebagaimana yang menjadi harapan semua masyarakat Indonesia, khususnya Provinsi Riau.

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal mengaku sangat bersyukur atas terselenggaranya silaturahmi akbar IKSS dan pelantikan PSR. Dikatakan Kapolda, Ikatan Keluarga Sumatera Bagian Selatan merupakan paguyuban dan organisasi etnis yang beranggotakan warga Sumatera Bagian Selatan yang ada di Provinsi Riau. Diantaranya meliputi Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Jambi, Provinsi Lampung, Provinsi Bengkulu dan Provinsi Bangka Belitung.

“Maksud dan tujuan pembentukan IKSS ini tidak lain adalah untuk senantiasa menciptakan suasana hubungan kekeluargaan, saling kenal mengenal, mewujudkan kebersamaan, menggalang kerjasama, saling membantu, memelihara dan mengembangkan adat istiadat dan budaya serta membangun persahabatan dan kerjasama dengan suku dan etnis lainnya diwilayah Riau,” ujar Kapolda.

Diterangkan dia, IKSS bukanlah organisasi kekeluargaan yang muda di republik ini. Peran dan sumbangsihnya didalam pembangunan baik itu nasional sampai pada tingkat daerah masyarakatnya sangatlah berperan aktif. Baik dalam dunia pemerintahan, akademisi, penegak hukum atau juga politisi. Menurutnya, nilai budaya, adat istiadat merupakan acuan hidup bagi warga IKSS dalam proses interaksi.

Baik secara internal antar sesama warga, maupun secara eksternal dengan etnis atau suku yang lain. Khususnya warga Melayu dengan prinsip “dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung”. Oleh karena itu, Iqbal meminta kepada keluarga besar IKSS ataupun pengurus bisa bekerja keras dengan berlandaskan pada nilai budaya dan adat istiadat tersebut. Ia juga berpesan untuk tidak mudah pernah menyerah terhadap tantangan. Serta memiliki jiwa juang dan semangat yang tinggi.

“Disamping itu sebagai warga Riau dan organisasi yang baik, mari kita selalu menghormati pemerintah, mendukung dan ikut aktif berpartisipasi didalam proses pembangunan. Demikian pula mari kita senantiasa berdoa agar kita semua yang tinggal dan hidup didaerah ini, Bumi Melayu, agar selalu memperoleh rahmat dan karunia dari Allah SWT. Sehingga secepatnya dapat terwujud masyarakat yang sejahtera yang kita cita-citakan bersama,” ajak Irjen Iqbal.

“Pada kesempatan ini saya mengucapkan selamat kepada pengurus persaudaraan Pemuda Sriwijaya Riau (psr) yang baru saja dilantik. Diharapkan pengurus yang dilantik mempunyai karakter serta mampu melayani warga Sumatera Bagian Selatan yang ada di Provinsi Riau ini,” harapnya.

Ketua DPP Pemuda Sriwijaya Riau Misrawansyah menyebutkan bahwa Pemuda Sriwijaya Riau siap mendukung program pemerintah yang dicanangkan melalui program Riau Unggul. Menurut dia, PSR sendiri akan senantiasi berupaya menciptakan kondusitifitas serta keamanan wilayah Riau yang rukun dengan seluruh etnis lainnya."Kami menghimbau kepada seluruh anggota keluarga besar IKSS, mari kita sama-sama mendukung program pemerintah untuk memajukan Riau, karena Dimana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung," ajaknya.

Editor: Arsyad*

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapolda Ajak Keluarga Besar IKSS Dukung Program Riau Unggul

Trending Now

Iklan

iklan