Iklan


 

Kemeriahan Lomba Pacu Sampan Peringati HUT ke- 77 TNI di Kodim 0314 Inhil

Saturday, October 1, 2022 | October 01, 2022 WIB Last Updated 2022-10-01T16:52:37Z

Tembilahan - Lomba Pacu Sampan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -77 TNI tahun 2022 di wilayah Kodim 0314/Inhil resmi di buka. 

Kegiatan lomba tersebut dibuka oleh Bupati Inhil yang diwakili oleh Asisten1 Bidang Pemerintahan dan Kesra H. Tantawi Jauhari, di Edu Park Wira Bima Makodim 0314/Inhil, sabtu(1/10/2022). 

Pada sambutannya Asisten I  mengatakan lomba pacu sampan merupakan kegiatan yang pasitif.Peranan sampan sebagai alat transfortasi sungai yang bernilai historis sungai dan budaya serta ke arifan lokal. 

Oleh karena itu dengan adanya perlombaan tersebut Pemkab Inhil menyambut baik serta mengapresiasi  atas diadakannya lomba pacu sampan tersebut. 

"Pemkab Inhil sangat mengapresiasi kegiatan lomba pacu sampan yang di taja oleh Kodim 0314/Inhil dalam rangka memeriahkan HUT ke -77 TNI," ujar H. Tantawi Jauhari saat membacakan sambutan Bupati Inhil. 

Selanjutnya Asisten 1 juga berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti lomba tersebut dengan penuh semangat dan pantang menyerah serta menjunjung tinggi sportifitas dan kebersamaan. 

"Mari kita laksanakan kegiatan ini dengan  penuh semangat dan mari kita pertahankan kearifan lokal dan tradisi yang ada sehingga dapat diwariskan kepada generasi yang akan datang,"harapnya.

Sementara itu Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin Roshid,S.E,M.Tr(Han) mengatakan Pelaksanaan lomba tersebut dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 01 hingga tanggal 02 oktober 2022 yang di ikuti ratusan peserta yang di bagi menjadi kategori umum dan Instansi. 

Pacu sampan tersebut mulai dikelal oleh masyarakat Inhil sejak tahun 1995 atau lebih kurang 27 tahun dan pertama kali di adakan di Pekan Arba kecamatan Tembilahan. 

Pelaksanaan lomba pacu sampan yang dilaksanakan Kodim 0314/Inhil dikatakan Dandim merupakan salah satu kegiatan  olahraga dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 TNI tahun 2022 guna mempererat silaturahmi dan ajang mencari bibit altet tradisional. 

"Lomba pacu sampan ini merupakan olahraga tradisional, untuk itu kita mempertahankannya agar tidak punah," ujar Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin Roshid. 

Terakhir orang nomor 1 di Kodim 0314/Inhil itu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi serta mendukung kegiatan tersebut. 

"Kami selaku penyelenggara mengucapkan tetima kasih kepada Pemkab Inhil dan masyarakat Inhil atas partisipasinya mendukung kegiatan pacu sampan ini, " ujarnya. 

Turut Hadir pada pembukaan tersebut, Bupati Inhil HM. Wardan yang diwakili oleh Asisten1 Bidang Pemerintahan dan Kesra H. Tantawi Jauhari, Dandim 0314/Inhil M. Nahruddin Roshid dan Unsur Forkopimda Inhil, beberapa Pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Inhil, para peserta lomba serta tamu undangan lainnya.

Untuk di ketahui bagi peserta yang belum melaksanakan perlombaan pada hari ini,besok pagi pukul 08:00 akan di lanjutkan kembali sampai dengan selesai.

Editor : Arsyad*

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemeriahan Lomba Pacu Sampan Peringati HUT ke- 77 TNI di Kodim 0314 Inhil

Trending Now

Iklan

iklan