Iklan


 

PT. SAGM dan Pemkab Inhil Teken Kesepakatan Bersama Tangani Banjir di Desa Kuala Sebatu

Thursday, October 20, 2022 | October 20, 2022 WIB Last Updated 2022-10-20T17:05:08Z

INHIL,- Berikut Hasil berita acara kesepakatan bersama

pengambilan langkah percepatan dalam rangka mengatasi permasalahan banjir di Desa Kuala Sebatu

Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Inhil.

Pemerintah daerah bersama instansi terkait diketahui telah melaksanakan rapat, Kamis (20/10/2022), bertempat di Ruang Rapat Lantai V Kantor Bupati Indragiri Hilir jalan Akasia Nomor 1 Tembilahan.

Adapun keputusan rapat tersebut sebagai berikut:

* Merasa prihatin dan berempati terhadap kondisi masyarakat dan lahan pertanian milik masyarakat Desa Kuala Sebatu Kecamatan Batang Tuaka yang terdampak banjir.

* Bersepakat untuk mempertahankan lahan pertanian seluas lebih-kurang 3.500 Ha (tiga ribu lima ratus Hektar) yang berada di sekitar sungai Batang Tuaka, khususnya di wilayah Desa Kuala Sebatu Kecamatan Batang Tuaka demi ketersediaan dan ketahanan pangan.

Bersepakat untuk mengambil langkah-langkah dalam mengatasi permasalahan banjir yang terjadi, sebagai berikut:


* Sasaran jangka pendek dalam mengatasi permasalahan banjir yaitu dengan melaksanakan pekerjaan pembersihan sungai Batang Tuaka lebih-kurang 18.800 meter sebagai rincian :

Sungai Batang Tuaka 8.700 meter (Simpang saluran menuju Pasir Mas – Hulu Sungai Batang Tuaka/ parit minang), – Simpang Parit menuju Desa Pasir Mas 3.950 meter - Simpang Parit Sejanda, -  Simpang Parit Sejanda - Hulu Sungai Batang Tuaka/parit minang (4.750 meter)

Parit sejanda ( 2.200 meter )

Parit 18 (3.300 meter)

Parit sejanda dua (3.200 meter)

Parit sejanda lajar (1.700 meter)

Dengan target utama membersihkan gulma dan/atau tumbuhan lainnya yang menutup dan/atau mengganggu aliran sungai. 

Kegiatan ini akan dimulai (sesuai dengan schedule Tim Teknis Lapangan).

* Untuk melaksanakan sasaran jangka pendek sebagaimana dimaksud pada huruf a, maka BWSS III (Balai Wilayah Sungai Sumatera III) Provinsi Riau bersedia menempatkan alat berat berupa excavator jenis amfibi di Desa Kuala Sebatu.


* PT. Setia Agrindo Mandiri (SAGM) bersedia menyediakan biaya operasional (berupa biaya BBM, biaya mobilisasi dan biaya operator) bagi excavator amphibi sebagaimana dimaksud;

* Sasaran Jangka Panjang dalam mengatasi permasalahan banjir yaitu

BWSS III (Balai Wilayah Sungai Sumatera III) Provinsi Riau sesuai dengan kewenangannya akan mengupayakan penanganan banjir.

* PT.Setia Agrindo Mandiri (SAGM) akan berkontribusi dalam hal penanganan banjir yang diharapkan difasilitasi Pemerintah Kecamatan dan/atau Kabupaten.

* Bersepakat untuk menjaga dan mempertahankan suasana aman, tertib dan kondusif demi kelancaran pelaksanaan kegiatan sebagaimana dimaksud dalam angka 3 (tiga) huruf a yang secara teknis dilakukan secara bersama oleh Camat Batang Tuaka, Kapolsek Kecamatan Batang Tuaka, Danramil Kecamatan Batang Tuaka, Kepala Desa Kuala Sebatu, Kepala Desa Pasir Mas dan Kepala Desa Sialang Panjang, Rukun Warga (RW), dan Rukun Tetangga (RT) Kecamatan Batang Tuaka.

Hal-hal teknis yang mungkin timbul dikemudian hari akibat dari adanya kesepakatan bersama ini, akan diselesaikan secara musyawarah-mufakat dengan mengedepankan asas kekeluargaan yang didasari oleh itikad baik oleh para pihak.

Editor :Arsyad*

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PT. SAGM dan Pemkab Inhil Teken Kesepakatan Bersama Tangani Banjir di Desa Kuala Sebatu

Trending Now

Iklan

iklan