google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Produk Gula Kelapa Asal Inhil Tembus Pasar Internasional

Author by Fitra Andriyan
Saturday, March 18, 2023 | March 18, 2023 WIB Last Updated 2023-03-18T07:27:38Z


       Foto Lounching Ekspor Perdana PT.Bekawan Agro Mandiri

Tembilahan - ARDnusantara.com - Pemerintah melalui Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tembilahan Lounching Perdana Ekspor produk turunan Kelapa dalam bentuk gula kelapa atau masyarakat Inhil biasa menyebut gula merah oleh PT. Bekawan Agro Mandiri tujuan Malaysia, Bertempat di Pelabuhan Parit 6 (Pelabuhan RW), Kecamatan Tembilahan Hulu, kabupaten Indragiri Hilir, Sabtu (18/3/2023) pagi.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tembilahan Eka Purnama Putra mengatakan Ekspor perdana produk UMKM yang disalurkan melalui PT Bekawan Agro Mandiri adalah bentuk realisasi Program pemerintah dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN).

“Alhamdulillah Hari ini kita sama-sama menyaksikan ekspor perdana berupa kurang lebih 1 Ton Gula Kelapa dengan nilai ekspor sebesar U$,1,423 dolar atau sekitar Rp.22 juta rupiah ke Malaysia, Produk ini merupakan asli produk buatan UMKM dari Kabupaten Indragiri Hilir, Ungkapnya.

"Dengan berhasilnya melaksanakan ekspor ini, Artinya produk gula kelapa telah berhasil menembus pasar internasional, Kita patut berbangga karena produk lokal asli Inhil sedikit banyak telah membawa nama harum Indonesia khususnya Kabupaten Indragiri Hilir,” Tambahnya..

Dia juga menjelaskan Bea Cukai Tembilahan secara aktif memberikan asistensi kepada para pelaku usaha UMKM yang ingin mengekspor Produk mereka, Sehingga kedepan akan kembali ada eksportir-eksportir baru yang dapat menjual barangnya ke pasar internasional.

Selain itu pengusaha UMKM yang ingin menjual produknya ke luar negeri harus memilik minimal 3 syarat sebagai kriteria ekspor antara lain; Kualitas bahan harus memenuhi standar yang di tetapkan, Kuantitas atau jumlah barang serta Kontinyuitas atau keberlangsungan ketersediaan barang itu sendiri.

Untuk mencapai tujuan yang dimaksud bea Cukai Tembilahan membuka asistensi melalui program klinik ekspor bagi para Calon pelaku usaha yang berencana untuk melakukan ekspor keluar negeri.

“Jadi kepada pelaku UMKM yang ingin mendaftar seperti PT. Bekawan Agro Mandiri untuk dapat datang langsung ke kantor bea Cukai Tembilahan atau menghubungi petugas bea Cukai melalui kontak saluran yang tersedia selama 24 jam selama 7 hari,” ujarnya.

Kemudian untuk membantu pemasaran bagi pengusaha UMKM, Kepala BC Tembilahan Eka Purnama Putra juga mengungkapkan BC Tembilahan membangun suatu website di mana di dalamnya terdapat semua jenis produk UMKM yang dapat dilihat langsung oleh calon pembeli dari dalam maupun luar negeri.

“Agar lebih besar ini bisa berjalan dengan sempurna tentunya kami membutuhkan data-data terkait produk kemasan komposisi serta data lainnya dengan harapan calon pembeli dapat melihat dengan jelas meskipun belum melihat secara langsung,” Terangnya.

Kendati demikian dikatakan Eka dalam program peningkatan ekonomi nasional ini BC Tembilahan tidak bisa berdiri sendiri ia mengajak seluruh stakeholder terkait memberikan dukungan serta kerjasama sehingga tujuan dari Program Peningkatan Ekonomi Nasional yaitu peningkatan nilai ekspor dari pengusaha UMKM dapat terwujud.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini menjadi motivasi bagi para pelaku UMKM yang ada di kabupaten Indragiri Hilir, sehingga dengan banyaknya pelaku ekspor, Ekonomi masyarakat di kabupaten Indragiri Hilir menjadi semakin membaik" Harapnya.

Direktur PT Bekawan Agro Mandiri Burhanudin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas bimbingan dari bapak-bapak bea Cukai terutama kepala kantor BC Tembilahan pak Eka Purnama Putra dan jajarannya., Sehingga terlaksana ekspor perdana olahan gula kelapa oleh PT Bekawan Agro Mandiri.

“Kami (PT Bekawan Agro Mandiri) mendapatkan bimbingan baik secara administrasi dari BC Tembilahan Bagaimana cara membuat administrasi ekspor dan sebagainya hingga pada hari ini kita dapat menyelesaikan semuanya tanpa lewat perantara atau agen apapun, urusannya sangat mudah,” Ujarnya.

Lebih lanjut Burhanudin juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemda Inhil dalam hal ini dinas yang membawahi UMKM yang telah membantu segala proses kelengkapan administrasi demi terlaksananya kegiatan ekspor tersebut.

Sementara itu Bupati Inhil Drs HM Wardan yang diwakili oleh staf ahli Bupati bidang pemerintahan hukum dan politik Drs H.Masdar menyambut baik dan mendukung UMKM untuk mengekspor produk mereka menembus pasar internasional.

“Syukur alhamdulillah pada hari ini dilaksanakannya ekspor perdana gula kelapa sebanyak 1 ton ke Malaysia oleh PT Bekawan Agro Mandiri, Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir tentunya menyambut baik dan sangat mendukung atas terlaksanakan ekspor gula kelapa, ini menandakan bahwa produk dari daerah kita kita mampu menembus pasar internasional,” Terangnya.

Ditambahkan nya pula," Dengan momentum ini kami mengajak para bapak-bapak dan ibu-ibu pengrajin kelapa, Kelompok tani kelapa kiranya dapat mengembangkan bahwa turunan kelapa itu masih banyak yang akan kita olah dan mampu kita ekspor juga ke luar negeri dan tentunya tidak lepas dari bantuan BC Tembilahan,”

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Inhil Drs HM Wardan yang diwakili oleh staf ahli Bupati bidang pemerintahan hukum dan politik Drs H Masdar, Kepala kantor Bea Cukai Tembilahan Eka Purnama Putra, Dandim 0314/Inhil yang diwakili Danramil 12/BTK Kapten Inf Tarmizi, Kapolsek Tembilahan Hulu yang diwakili Babinkamtibmas, Pengadilan Negeri Tembilahan Kelas II, Kejaksaan Negeri Indragiri Hilir, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Rengat., Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Tembilahan, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Indragiri Hilir, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Indragiri, serta jajaran Kantor BC Tembilahan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Produk Gula Kelapa Asal Inhil Tembus Pasar Internasional

Trending Now

Iklan