google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Hari Malaria Sedunia, Dinkes Inhil Imbau Masyarakat Untuk Mengenal Gejala dan Cara Pencegahan

Redaksi
Monday, April 24, 2023 | April 24, 2023 WIB Last Updated 2023-05-05T17:11:58Z


ARD NUSANTARA.COM, ADV - Pada Rabu (25/4/23) lalu diperingati sebagai hari malaria sedunia. Selain itu, malaria masih menjadi penyakit yang seringkali ditemui di Indonesia. Dengan demikian Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) mengimbau masyarakat untuk mengenal Gejala dan cara pencegahan.

Malaria merupakan infeksi menular yang menyebar melalui gigitan nyamuk. Nyamuk yang menggigit manusia membawa parasit Plasmodium. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, Rahmi Indrasuri melalui Kepala Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit, Devi Natalia, SKM, MH menjelaskan Secara spesifik, penyakit malaria disebabkan oleh gigitan nyamuk anopheles betina yang terinfeksi oleh parasit tersebut.

"Gejala malaria mulai muncul setidaknya dalam kurun waktu 10 hingga 15 hari setelah tergigit nyamuk Anopheles ataupun terpapar. adapun gejala malaria adalah Demam, Menggigil, Sakit kepala, Berkeringat banyak, Lemas, Pegal linu, Gejala anemia atau kurang darah, Mual atau muntah," jelas Devi Natalia, Jumat (28/04/2023).

Devi Natalia menyebut apabila merasakan gejala-gejala tersebut, segera pergi ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan.

Selanjutnya, kata Devi malaria disebabkan oleh gigitan nyamuk Anopheles, oleh karena itu pencegahannya adalah dengan merubah pola perilaku manusia agar nyamuk tidak muncul.

"Ada beberapa tips untuk mencegah penyebaran penyakit malaria yaitu gunakan kelambu ketika tidur, memakai pakaian serba panjang seperti celana dan lengan panjang selama beraktivitas, hindari meletakkan pakaian basah di dalam rumah karena dapat menjadi tempat persembunyian nyamuk, gunakan lotion anti nyamuk yang mengandung DEET (diethyltoluamide), Pasang obat nyamuk dan rutin menyemprot obat nyamuk terutama di sore dan malam hari, rutin melakukan penyemprotan dinding massal di daerah dengan tingkat malaria yang tinggi minimal sebulan sekali," pungkasnya.(Adv)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hari Malaria Sedunia, Dinkes Inhil Imbau Masyarakat Untuk Mengenal Gejala dan Cara Pencegahan

Trending Now

Iklan