google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Diskes Inhil Berikan Penyuluhan Kepada Masyarakat Pentingnya Pencegahan Stunting Saat Peringatan HPN

Author by Fitra Andriyan
Tuesday, May 16, 2023 | May 16, 2023 WIB Last Updated 2023-05-16T16:57:53Z

ARDnusantara.com, Tembilahan - Kegiatan gerakan cegah stunting yang di selenggarakan oleh dinas kesehatan (diskes) kabupaten Indragiri hilir (Inhil) bertempat di lapangan gajah Mada tembilahan pada Selasa,16/05/2023 mengusung tema 5 pesan kunci untuk mencegah angka stunting.

Acara yang diselenggarakan bertepatan dengan peringatan hari pers Nasional(HPN) tahun 2023 tingkat provinsi itu memuat pesan kepada masyarakat terutama kepada  para orang tua agar menerapkan Lima pesan kunci yang disebut ABCDE untuk mencegah angka stunting pada bayi dan anak-anak.

Adapun pola ABCDE yang dimaksud yaitu Aktif mengonsumsi tablet tambah darah, rutin periksa kehamilan Bumil minimal 6 kali, Cukupi Konsumsi protein hewani, Datang ke Posyandu setiap bulan, dan Eksklusif ASI selama 6 bulan).

Kadiskes Inhil Rahmi berharap dengan diadakan acara tersebut yang melibatkan seluruh stake holder terkait angka stunting yang telah dan terus diupayakan oleh Pemkab Inhil melalui berbagai program segera dapat diturunkan seminimal mungkin sehingga penduduk kabupaten Indragiri hilir bisa terbebas dari stunting.

"Kita terus berusaha melakukan pencegahan stunting, salah satunya melalui Gerakan Satu Hati jilid 1 dan 2 yang hingga kini terus digencarkan di lapangan," terangnya.

Kegiatan yang di Taja oleh Dinas kesehatan Inhil(Diskes) di awali dengan kegiatan sarapan pagi bersama dengan mengajak remaja putri SMP dan SMA serta ibu hamil untuk memberikanedukasi tentang pencegah stunting dengan menghadirkan narasumber dr.Gusfrizer, S.POG dan dr.Rahmat, S.PA.

Kemudian setelah selesai sesi edukasi dilanjutkan dengan minum Tablet tambah darah (TTD) serentak bagi para peserta remaja putri dan ibu hamil serta deklarasi anti pernikahan dini terhadap remaja putri yang dipandu oleh duta Stunting kec. Tembilahan dan Tembilahan Hulu.

Pada sesi terakhir dilanjutkan dengan  demonstrasi pembuatan MP-ASI dari makanan keluarga untuk bayi usia 6-8 bulan, bayi usia 9-11 bulan dan usia 12 tahun keatas.  Serta pengukuran antropoletri anak balita dan ibu hamil oleh dinas kesehatan Inhil.

Peserta yang hadir pada acara itu berjumlah sebanyak 250 orang dengan menyasar remaja putri SMP, SMA, Mahasiswa STIKES Husada Gemilang, Ibu hamil, Ibu Balita dan Anak Balita serta melibatkan Duta Stunting Kec tembilahan dan tembilahan hulu serta kader posyandu.

Tampak Bupati HM Wardan didampingi unsur Forkopimda, Sekda, Sekwan dan sejumlah Pimpinan OPD, serta Ketua PWI Inhil Ardiansyah meninjau langsung pelaksanaan kegiatan tersebut.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Diskes Inhil Berikan Penyuluhan Kepada Masyarakat Pentingnya Pencegahan Stunting Saat Peringatan HPN

Trending Now

Iklan