google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Kodim 0314 Bersama Polres Inhil Berikan Penyuluhan Hukum Kepada Masyarakat Keritang

Author by Fitra Andriyan
Wednesday, May 17, 2023 | May 17, 2023 WIB Last Updated 2023-05-17T09:09:54Z
iptu markamdi saat berikan penyuluhan hukum/dok.ist

ARDnusantara.com, Inhil - Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Non Fisik TMMD 116, Kodim 0314 Indragiri Hilir (Inhil) bekerja sama dengan Polres Inhil dalam memberikan penyuluhan Hukum dan Kamtibmas kepada warga setempat, Rabu (16/05). 

Penyuluhan tersebut merupakan bagian dari kegiatan sasaran non fisik dalam program TMMD ke-116 Kodim 0314/Inhil  yang diselenggarakan di posko TMMD Dusun rasau kuning desa pengalihan keritang kecamatan keritang.

kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk kepedulian kepada masyarakat dan muda mudi  khususnya di Desa  pengalihan keritang, dengan memberikan penyuluhan dibidang hukum dan Kamtibmas.

Dijelaskan Iptu Markamdi KBO Satbinmas polres Inhil selaku pemberi materi mengatakan penyuluhan Kamtibmas ini bertujuan untuk memberikan gambaran proses hukum kapada masyarakat,pelajar serta muda mudi.

"Hukum dan masyarakat adalah rangkaian peraturan yang mengatur kehidupan manusia dalam hidup bermasyarakat serta memberikan sanksi bagi yang melanggarnya," Ucap Iptu Markamdi KBO Satbinmas polres Inhil

Dikatakan lagi, adapun fungsi hukum dalam masyarakat ialah berfungsi sebagai perlindungan kepentingan manusia, agar kepentingan-kepentinganya terlindungi, maka hukum dilaksanakan secara nyata. Hukum berfungsi sebagai pengatur pergaulan hidup secara damai.

"Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyaratan terselenggaranya proses pembangunan nasional dalam rangka tercapainnya tujuan nasional yang ditandai oleh terjaminnya keamanan, ketertiban, dan tegaknya hukum, serta terbinanya ketentraman.dan untuk menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat," Paparnya 

Mengantisipasi potensi gangguan tersebut pemerintah harus melakukan penyuluhan hukum ke masyarakat karena akan sangat membantu untuk ketahanan dan keamanan lingkungan.

Sementara itu, Serli yang merupakan salah satu siswi SMA karya pengalihan, dirinya mengaku sangat berterima kasih atas kegiatan penyuluhan tersebut,dia beserta kawan-kawan yang hadir setidaknya sudah mengetahui tentang hukum dan gangguan Kamtibmas.

"kegiatan penyuluhan ini menambah pengetahuan kami tentang pemahaman hukum dan gangguan Kamtibmas,selama ini kami hanya sering melihat di medsos dan pemberitaan media televisi tetapi sekarang berkat hadirnya Bapak TNI dan Polisi kami mendapatkan pencerahan," Ungkapnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kodim 0314 Bersama Polres Inhil Berikan Penyuluhan Hukum Kepada Masyarakat Keritang

Trending Now

Iklan