google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Dinkes Inhil Gelar Quick Wins Program Pelayanan Darah

Redaksi
Tuesday, June 6, 2023 | June 06, 2023 WIB Last Updated 2023-06-18T11:25:56Z


ARDNUSANTARA.COM, ADV - Dinas kesehatan (Dinkes) kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) gelar Quick Wins program Pelayanan Darah adalah program untuk mendukung Nawacita di bidang kesehatan dalam rangka menurunkan angka kematian ibu. Di antaranya dengan meningkatkan akses pelayanan darah yang berkualitas. Kegiatan dilakukan di Puskesmas Pulau Burung, Selasa (6/6/23).

Quick Wins pelayanan darah bertujuan untuk menjamin tersedianya darah yang cukup bagi ibu hamil, bersalin dan nifas, dan juga meningkatkan peran serta masyarakat untuk menjadi pendonor darah sukarela. Dengan adanya program ini diharapkan kekurangan jumlah kantong darah dan jenis golongan darah langka dapat dipenuhi.

Kepela Dinkes inhil, Rahmi Indrasuri melalui Irdawati hasanah selaku kabid pelayan kesehatan (yankes) mengatakan, peran puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan dasar adalah memperkuat pelaksanaan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Kompilkasi (P4K). Sasaran penguatan P4K dalam pelayanan darah tidak hanya ditujukan kepada keluarga ibu hamil sebagai calon pendonor namun juga kepada kelompok masyarakat berisiko rendah.

"Melalui evaluasi dan percepatan Pelaksanaan Quick Wins Program Pelayanan Darah diharapkan dapat memberikan pelayanan darah yang sesuai standar, baik sarana, prasarana maupun prosedur pelayanan dalam upaya menurunkan AKI di Provinsi Riau," Ujar kabid pelayan kesehatan (yankes).

Ia berharap,kepada seluruh masyarakat agar ikut serta memsukseskan program Quick Wins sehingga dengan banyaknya masyarakat yang terlibat diharapkan kekurangan jumlah kantong darah dan jenis golongan darah langka dapat terpenuhi.

"Semoga dengan adanya program ini masyarakat bisa terbantu terutama saat ibu melahirkan," Tutupnya kabid pelayan kesehatan.(Adv)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinkes Inhil Gelar Quick Wins Program Pelayanan Darah

Trending Now

Iklan