google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Dinkes inhil Ajak Masyarakat Edukasi Kanker Tulang

Redaksi
Wednesday, April 12, 2023 | April 12, 2023 WIB Last Updated 2023-05-02T16:01:49Z


ARD NUSANTARA.COM, ADV - Bertepatan Tanggal 11 April merupakan Hari Kanker Tulang Nasional, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Kab.inhil) imbau jaga tubuh dari Kanker Tulang karena diperingati dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat terhadap bahayanya penyakit mematikan ini.Selasa (11/4/23)

Selaku kepala Dinkes Inhil, Rahmi Indrasuri, melaui Leni Rosita Koordinator Sub kesehatan dan lingkungan, menyampaikan, Selain itu, peringatan Hari Kanker Tulang ini juga menjadi momentum untuk meningkatkan pengetahuan terhadap cara mencegah, mendeteksi secara dini, dan mengobati kanker tulang.

"Penyebab dari kanker tulang masih belum dapat dipastikan hingga kini, untuk itu dirasa perlu perhatian lebih dalam terhadap adanya kanker tulang oleh masyarakat. Sehingga, Kementerian Kesehatan menetapkan 11 April menjadi Hari Kanker Tulang Nasional," Ujarnya Leni Rosita Koordinator Sub kesehatan dan lingkungan.

Ia juga mengajak mengenali beberapa informasi mengenai kanker tulang. Semoga dengan adanya peringatan Hari Kanker Tulang dapat meningkatkan perhatian kita terhadap penyakit berbahaya ini.

"Perlu pengetahuan kanker tulang yang dapat menyerang bagian tubuh manapun dengan demikian kita harus berhati-hati dan waspada," ajaknya Leni Rosita Koordinator Sub kesehatan dan lingkungan.

*Osteosarcoma
Kanker tulang jenis ini berkembang di ujung tulang panjang, yaitu ketika tulang sedang pada masa aktif pertumbuhannya. Osteosarcoma biasanya menyerang tulang kering, tulang paha, dan tulang lengan.

*Chondrosarcoma
Kanker tulang ini berkembang di dalam sel tulang rawan. Chondrosarcoma biasanya menyerang tulang paha, tulang panggul, tulang rusuk, tulang belikat, dan tulang lengan bagian atas.

*Sarkoma Ewing
Jenis kanker tulang ini berkembang di bagian jaringan saraf yang belum dewasa pada sumsum tulang. Sarkoma Ewing biasanya menyerang tulang paha, tulang kering, dan tulang panggul.

*Tumor sel raksasa pada tulang
Tumor ini biasanya menyerang tulang kaki (dekat lutut). Meskipun jarang bermetastase ke bagian tubuh lain yang jauh, namun tumor ini dapat muncul kembali meskipun telah dioperasi.

*Chordoma

Kanker jenis Chodoma biasanya muncul pada dasar tulang tengkorak atau tulang belakang. Chordoma cenderung menyerang laki-laki daripada perempuan dengan usia di atas 30 Tahun.

* Nyeri dan Radang
Selain itu, selalu menerapkan pola hidup sehat merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk terhindar dari penyakit ini.(Adv)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinkes inhil Ajak Masyarakat Edukasi Kanker Tulang

Trending Now

Iklan