google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Dinkes inhil Ajak Masyarakat jaga Pola makan Saat berpuasa

Redaksi
Tuesday, April 18, 2023 | April 18, 2023 WIB Last Updated 2023-05-02T15:40:56Z


ARD NUSANTARA.COM, ADV - Bulan Ramadhan adalah bulan suci dimana umat muslim seluruh dunia menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Tetapi ingat, saat puasa kita harus tetap sehat dan bugar dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Dengan demikian Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Indragiri hilir (Kab.Inhil) mengajak agar menjaga pula hidup sehat saat berpuasa. Selasa (18/4/23).

Kepala dinkes Inhil Rahmi Indrasuri, melalui Leni Rosita Koordinator Sub kesehatan dan lingkungan, Menurutnya, untuk menjaga kesehatan dalam berpuasa tentu sangat penting agar saat menjalankan ibadah  terus terjaga dalam Ramadhan.

“Ada beberapa tips agar tetap sehat dan tetap bugar dalam menjalankan ibadah puasa seperti ini. Jangan malas makan sahur. Hal ini penting karena kita perlu memenuhi kebutuhan energi selama berpuasa dan bermanfaat mengontrol kadar gula darah,” ujar Leni Rosita Koordinator Sub kesehatan dan lingkungan.

Selanjutnya, mengontrol porsi makan. Saat buka puasa jangan lantas balas dendam semua mau dimakan. Lambung yang lama kosong akan kaget saat kita secara banyak makan, perut dapat menjadi kembung. Agar perut kita tidak kaget, berbukalah dengan makanan yang ringan makanan utama dan jangan lupa berdoa.

“Penuhi kebutuhan zat gizi/ nutrisi. Usahakan saat sahur/berbuka, makanan bisa memenuhi zat gizi lengkap (karbohidrat, protein hewani/nabati, sayuran dan buah). Penuhi kebutuhan cairan antara buka puasa dan sahur. Usahakan minimal 8 gelas per hari,” jelasnya.

Menurut Leni Rosita, pilihlah jenis karbohidrat kompleks. Sumber karbohidrat kompleks seperti roti gandum, pisang, kacang-kacangan dan nasi merah yang lebih mampu mencerna energi secara lambat sehingga lebih sesuai untuk bulan puasa.

“Banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Makanan dengan kandungan serat tinggi akan dicerna dalam waktu lama sehingga bisa membantu menahan lapar,” tegasnya.

Ia berharap agar senantiasa minum suplemen bila perlu. Perlu diingat bahwa suplemen bukan pengganti makanan sepenuhnya, hanya sebagai pelengkap asupan untuk membantu menunjang kesehatan tubuh secara umum.

“Kurangi makanan asin. Jenis makanan yang ditambahkan garam saat proses pengolahan. Misalnya makanan kalengan, ikan asin dan junk food bisa membuat gampang haus saat puasa,” Tutupnya Koordinator Sub kesehatan dan lingkungan.(Adv)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinkes inhil Ajak Masyarakat jaga Pola makan Saat berpuasa

Trending Now

Iklan