google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Dinkes Inhil Melalui Puskesmas Sungai Salak Lakukan Pemeriksaan Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular

Redaksi
Saturday, April 15, 2023 | April 15, 2023 WIB Last Updated 2023-05-05T15:00:02Z


ARD NUSANTARA.COM, GALERI FOTO - Dinas Kesehatan ( Dinkes) Kabupaten indragiri hilir (Inhil) melalui Puskesmas Sungai salak melakukan kegiatan pemeriksaan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular yang dilaksanakan di kelurahan pangkalan Tujuh, Sabtu (15/4/23).

Sekretaris Dinkes Inhil, Wanhar, mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas ini adalah deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular yang  dilakukan kali ini di kelurahan pangkalan Tujuh dengan sasaran, masyarakat usia 15 sampai 59 tahun.

"Dengan kerjasama pemerintah dan masyarakat demi kesehatan bersama tentunya sangat penting bahkan Sebelum dilakukan pemeriksaan, dilakukan disekrining terlebih dahulu baik yang punya resiko maupun yang tidak punya resiko. Adapun jenis pemeriksaan deteksi dini, antara lain, pemeriksaan tekanan darah, cek gula darah, cek asam urat dan cek kolesterol,"ujar Sekretaris Dinkes inhil wanhar.

Masih dikatakan sekretaris Dinkes inhil, sebelum pemeriksaan dilakukan pemeriksaan dilakukan tanya-jawab terlebih dahulu  dengan pasien, tentang penyakit menular, perilaku pasien aktivitas keseharian apakah mengkonsumsi alkohol atau perokok.


"Kegiatan ini namanya Posbindu dan akan terus berlanjut di dikalangan masyarakat sekabupaten inhil dengan dibantu Puskesmas setempat fidesa yang ada di kecamatan," Katanya.


Terakhir, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, dalam memeriksakan kesehatannya. "Dengan demikian, warga dapat  mengetahui penyebab dan cara pencegahannya.

“Selain itu, dengan diadakan di masyarakat maka masyarakat tidak harus jauh ke Puskesmas, ini kan lebih efektif, semoga masyarakat  dalam keadaan sehat semua tanpa adanya penyakit yang beresiko," Tutupnya Sekretaris Dinkes inhil.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinkes Inhil Melalui Puskesmas Sungai Salak Lakukan Pemeriksaan Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular

Trending Now

Iklan