google.com, pub-5820561844112673, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan

Punya Skor Kredit Jelek di BI Checking? Begini Cara Membersihkannya

Author by Fitra Andriyan
Saturday, October 21, 2023 | October 21, 2023 WIB Last Updated 2023-10-21T22:46:57Z
 Foto int

ARDnusantara.com, Jakarta - Kamu punya skor kredit jelek di BI Checking? Hati-hati, karena catatan BI Checking yang buruk bisa berdampak saat kamu ingin mengajukan cicilan ke layanan keuangan seperti bank atau Pay Later, hingga ketika kamu hendak melamar pekerjaan.

Dilansir laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BI Checking adalah pengecekan riwayat kredit di sistem informasi debitur Bank Indonesia yang dilakukan oleh debitur. Sistem ini berisi riwayat dan informasi nasabah yang memiliki pinjaman.

Setelah melakukan BI Checking pada sistem tersebut, akan diketahui apakah riwayat kredit seseorang baik atau buruk. Riwayat kredit jelek di BI Checking, salah satunya bisa disebabkan karena seseorang menunggak pembayaran cicilan alias tagihan belum dilunasI. 

Riwayat pinjaman yang bermasalah ini akan berpengaruh terhadap disetujui atau tidaknya pengajuan kredit di kemudian hari. Bahkan, belum lama ini ramai bahwa ada pelamar kerja yang tidak lolos akibat skor kreditnya jelek di BI Checking.

Kini, BI Checking dari Bank Indonesia sudah tidak ada dan telah berganti menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang dikelola oleh OJK. SLIK OJK ditujukan sebagai sistem yang mendukung pengawasan dan penyediaan informasi di bidang keuangan dalam rangka meningkatkan disiplin industri finansial.

Layanan ini dapat dimanfaatkan untuk memperlancar proses penyediaan dana, penerapan manajemen risiko kredit atau pembiayaan, penilaian kualitas debitur, sampai verifikasi untuk kerja sama pelapor SLIK dengan pihak ketiga.

SLIK OJK juga punya fungsi yang cukup sama dengan BI Checking. Sehingga nasabah dapat mengecek baik buruk riwayat kredit mereka. Jika detikers memiliki catatan kredit jelek di BI Checking atau SLIK OJK, kamu bisa kok membersihkannya.

Cara Membersihkan Catatan Kredit Jelek di BI Checking (SLIK OJK) agar skor kredit di BI Checking atau SLIK OJK dapat bersih kembali, kamu bisa ikuti cara berikut:


1. Mengecek Nama di SLIK OJK

Yang dapat kamu lakukan pertama kali, yaitu mengecek nama yang dipakai untuk berurusan dengan pihak pemberi layanan peminjaman. Dengan mengecek lewat SLIK, kamu bisa mengetahui apakah nama tersebut masih memiliki tanggungan yang belum dibayarkan atau tidak

Pengecekan nama dapat dilakukan secara online melalui iDebku milik OJK di laman idebku.ojk.go.id. Mengecek nama di layanan tersebut harus dilakukan debitur secara mandiri dan tidak bisa diwakilkan.

2. Melunasi Tunggakan Kredit

Jika debitur masih punya tanggungan yang belum terbayarkan setelah melakukan pengecekan, maka cara yang bisa diambil untuk memutihkan nama di BI Checking (SLIK OJK) adalah dengan melunasi tunggakan kredit yang belum terselesaikan.

Nasabah dapat mengecek juga jumlah tanggungan yang belum terbayar dan berapa bulan keterlambatannya. Semakin lama cicilan tidak dibayarkan maka denda yang dikenakan akan makin besar.

Tapi ada juga kasus di mana seseorang tidak pernah mengajukan cicilan, tapi namanya tercantum sebagai peminjam. Hal ini kemungkinan termasuk kesalahan dari pemberi kredit. Kalau terjadi demikian maka nasabah perlu melaporkan masalah kepada pihak pemberi kredit tersebut untuk meminta konfirmasinya.

3. Memantau Skor Kredit di BI Checking (SLIK OJK)

Setelah membayarkan dan melunasi semua tunggakan cicilan, nasabah bisa melakukan konfirmasi ke OJK bahwa kewajiban kredit sudah dituntaskan.

Barulah nasabah kemudian bisa memantau perubahan data dan skor kredit di BI Checking (SLIK OJK). Pembaruan data biasanya dilakukan maksimal 30 hari dari setelah pelaporan penghapusan tagihan.

Pihak pemberi layanan kredit juga akan menerbitkan surat keterangan penghapusan atau pelunasan tagihan untuk disimpan dan digunakan apabila dibutuhkan.

Jika data belum berubah juga selama rentang waktu tersebut, maka nasabah dapat melaporkan atau mengajukan komplain ke lembaga pemberi pinjaman untuk meminta klarifikasi dan konfirmasi atas masalah yang terjadi.

Itu dia cara membersihkan skor kredit jelek di BI Checking atau SLIK OJK. Kalau detikers punya catatan kredit buruk di SLIK OJK, segera lakukan pemutihan nama dengan cara-cara di atas ya!


Source:detik.com

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Punya Skor Kredit Jelek di BI Checking? Begini Cara Membersihkannya

Trending Now

Iklan